Sabtu, 05 April 2014

Honda Lovers, tentu sudah banyak yang ngerti cara bagaimana menghidupkan mesin sepeda motor. Yakni ada dua cara, pertama dengan double starter yang ada di bagian sebelah kanan handle stang motor, kedua bisa dilakukan dengan kick starter (starter kaki).
Buat brosis yang kebiasaan nyalakan mesin motor dengan starter tangan, memang terasa mudah banget. Klik brem…. motor bisa langsung ON. Hal ini boleh saja kalian lakukan bila kondisi mesin motor masih dalam keadaan panas. Sebaliknya, bila kondisi mesin motor dalam kondisi dingin atau biasanya di pagi hari. Kebiasaan ini harus ditinggalkan.
Karena pada waktu-waktu tertentu, sobat seharusnya tidak langsung memencet starter listrik yang umumnya ada di bagian kanan stang. Karena Hal ini akan membuat daya aki akan tersedot secara langsung dan dapat menjadikannya cepat rusak (tekor) karena bekerja agak berat untuk menghidupkan mesin yang sering tidak berhasil dalam satu atau dua kali pencetan pada starter motor sobat.
Bila kondisi mesin motor terasa dingin, saran saja nih, lebih baik kalian melakukan starter dengan kaki. Ya biar sambil sedikit olahraga kaki :) Karena dengan pola seperti demikian, brosis bisa mengawetkan kondisi aki kering motor kalian, khususnya pada motor tipe matic.
Nah, buat kalian yang belum ngerti cara kick starter yang distarter dengan menggunakan kaki, berikut langkah-langkahnya:
  1. Pakailan kick starter beberapa kali tanpa menghidupkan kunci kontak. Hal ini untuk membiarkan oli menyebar sempurna melumasi mesin.
  2. Tarik tuas Choke yang umumnya ada di sebelah kiri stang untuk menutup celah udara dan mensuplai bensin dengan kuantitas yang lebih banyak agar mesin cepat hidup.
  3. Setelah beberapa waktu mesin hidup, tarik kembali tuas Choke ke posisi minim agar campuran bensin dan udara kembali normal sesuai setelan.
  4. Manfaatkan electric starter hanya ketika mesin masih panas untuk menghemat kualitas daya simpan aki.
  5. Usahakan untuk tidak memencet electric starter ketika mesin telah hidup karena hal itu tidak baik untuk sistem kelistrikan motor
Semoga dengan menerapkan cara menghidupkan mesin seperti ini, motor brosis tetap awet ya!

sumber: mpm-motor.co.id

0 komentar:

Posting Komentar